Macam Macam Hewan Berduri yang Unik

Hewan berkulit biasa disebut juga dengan Echinodermata yang berasal dari kata Yunani, Sebagai hewan yang mempunya kulit berduri. Karena kulitnya yang mempunyai lempeng -lempeng yang mengandung zat kapur (Calsium carbonat) dengan duri-duri yang berukuran kecil.

Semua hewan hidup dilaut alasannya tentu karena adanya kandungan dari Calsium Carbonat, pH dan salinitas hanya bisa diepnuhi oleh ekosistem laut yang tidak akan terpenuhi oleh kandungan penyusun kerangkanya di air tawar dengan komposisi Calsium carbonat

Hewan ini biasanya hidup di daerah pantai dan di dalam laut sampai ke dangkal laut.  

hewan berduri
ilustrasi hewan berduri

Hidup bebas soplitair hanya gerkannya saja yang lamban dan tidak ada yang menganduk sifat parasit, dalam ilmu biologi disebut dengan sebutan bentos yang berarti (merambat didasar perairan) di daerah litoral atau fotik, tubuh dewasanya simetri radial yang berarti jika di belah menjadi dua bagian bisa mendapatakan banyak sisi dan Larvanya yang berukuran sedang.

Berikut tentang pengertian dari macam macam Hewan Berduri didalam artikel tentunya akan membahas jenis-jenis hewan berduri berikut.

Landak laut / Sea Urchin

Landak laut atau bulu babi ini yang mempunyai bentuk bulat mempunyai banyak duri, sehingga jika terinjak akan tertanam di dalam daging manusia. Menurut sumber, Landak laut tak hanya berwarna hitam atau merah, karena ada juga landak laut yang mempunyai warna putih dan ungu

Ulat Bulu Laut / Sea Louse

Jenis ulat bulu laut ini yang beracun bertempat tinggal di daerah perairan yang dangkal dan bersembunyi di bawah batu karang.

Meskipun kamu tidak menyentuh hewan ini disarankan untuk tidak menyentuhnya ataupun mendekati. Karena ulat bulu laut ini sangat berbahaya dan beracun, apabila di batukarang ada ulat bulu laut ini.

Sebaiknya jangan menyentuh batukarang tersebut, dikarenakan sudah ter-kontaminasi oleh bulu-bulu yang menempel di batu karang tersebut, dari bulu-bulu yang menempel di batu karang tersebut sangatlah beracun. 

Hanya dalam hitungan beberapa detik kulit anda dan daging anda dari bagian tubuh yang terkena oleh bulunya akan terluka, semakin melebar seakan sedang menggerogoti habis hingga tersisa tulang, jika tidak segera diobati luka yang menempel akan membusuk dan kemungkinan besarnya harus diamputasi.

Ikan Sembilang / Linen Catfish

Ikan jenis semiblang ini atau familiar dengan sebutan ikan lele laut yang senang berenang bergerombol dalam jumlah yang besar. Ikan ini dapat bersifat agresif dan mematil dengan menggunakan sirip yang terdapat di punggung bagian kanan dan kiri.

Bagian dari kepalanya yang tajam dan patilnya yang beracun. Jika tergores dan tertusuk oleh patilnya dapat menyebabkan rasa nyeri dan sakit yang sangat luar biasa, jantung yang berdebar dan tubuh menjadi demam.

Tetapi hanya berlangsung selama 24jam saja, lalu racunnya kaan menghilang.

Siput laut / Sea Cone Snail

Hewan yang berjenis gastropoda ini memiliki berbagai macam-macam motif. Namun di balik corak yange menarik terdapat beberapa jenis yang memiliki racun sangat mematikan, cara menyengatnya adalah dengan menembakkan tombak sepanjang 26mm. Sama seperti halnya selang ataupun tombak.

Ikan batu / Stonefish

Stonoefish ini dikenal di Indonesia dengan sebutan nama ikan batu, ikan batu ini banyak di temukan di perairan yang dangkal dan tidak jauh dari pesisir pantai.

Bentuk nya sangat mirip menyerupai batu, untuk berkamuflase di antara tumpukan lumpur atau pasir maupun batu karang. Jika mata kurang jelih akan dapat terkecoh ada nya ikan batu ini.

Ikan batu ini memiliki duri yang beracun yang dapat menyebabkan kaget, lumpuh dan dapat membuat manusia mati jika tidak segera di obati

Ada sebanyak 5.300 jenis Echinodermata atau lebih yang sudah di ketahui, Jumlahnya cukup banyak di karenakan musuh / predator dari hewan ini berjumlah sedikit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *