Point Terpenting Dalam Pembangunan Rumah

Dalam pembangunan rumah memang tidak sedikit biaya yang kita butuhkan, maka dari itu Anda harus penting sekali memperhatikan bahan material apa saja yang kita butuhkan dan dihitung dengan pas.

Jadi jangan sampai kita membeli bahan material tidak tahu persis fungsi, harga dan keawetan produknya. Sebagian besar kalau kita amati kalau seseorang ingin membangun rumah jarang sekali yang memperhatikan hal ini, alhasil kontruksinya pun kurang awet. Berikut adalah beberapa point terpenting dalam pembangunan rumah.

3 Point Penting Dalam Pembangunan Rumah

Membangun Rumah
Membangun Rumah

Atap Rumah

Pemilihan atap rumah ada banyak sekali jenisnya, seperti rangka kayu dikombinasikan dengan genteng tanah liat, rangka kayu dikombinasikan seng, rangka baja ringan dikombinasikan dengan genteng beton atau genteng metal dll.

Tentunya dari masing masing bahan tersebut mempunyai kelebihan dan kelemahan bukan? Apakah Anda sudah tahu? Jika belum tahu maka disini saya akan merekomendasikan produk apa yang kiranya bagus untuk kontruksi atap rumah Anda.

Pada dasarnya sifatnya tidak harus memakai produk yang saya sebut ya, melainkan hanya masukan saja karena tergantung keuangan kita masing masing. Untuk Anda yang mempunyai dana lebih dan menginginkan kontruksi atap kokoh dan tahan lama maka Anda bisa memilih rangka atap baja ringan dengan kombinasi memakai genteng beton.

Lalu kira kira berapa biayanya? Sebelum memutuskan membeli, alangkah baiknya Anda tanyakan terlebih dahulu berapa Harga Baja Ringan per batang dan juga berapa harga genteng beton per m2, untuk mengetahui kisaran biaya totalnya. Disini saya tidak bisa sebutkan harga karena disetiap kota Anda tinggal pasti akan berbeda harganya. Dengan demikian Anda akan mempunyai atap yang awet, kokoh dan anti bocor.

Lantai

Dalam pemilihan lantai juga tidak beda jauh dengan pemilihan jenis atap, yaitu sama sama mempunyai banyak pilihan. Pentingnya memilih lantai terbaik adalah untuk aktifitas kita sehari hari nyaman dan juga awet, sebab lantai adalah sebuah pinjakan kita sehari hari, maka dari itu kita harus lebih selektif memilih jenis lantai.

Sebelum Anda menentukan jenis lantai baiknya memperkuat pondasi dasarnya dahulu. Untuk bagian pondasi lantai Anda bisa konsultasikan ke tukang atau jasa pemborong rumah, pastikan jika sudah di lakukan adukan bahan pasir campur semen hasilnya kedepan tidak akan cepat menggelembung.

Jika Anda merasa oke untuk pondasinya, selanjutnya adalah memilih jenis lantai apa yang ingin Anda pasang, Plihannya ada granit, keramik, vinyl, batu alam, marmer dll. Nah tentunya dari masing masing tersebut akan memiliki karakteristik dan harga berbeda. Jika Anda saat ini mempunyai dana pas pasan, Anda bisa menggunakan keramik. Harga Keramik Lantai cukup murah yaitu per dus mulai dari Rp 30.000 tergantung merknya. Untuk merk saat ini yang memiliki kualitas bagus ada merk Roman, Platinum dan Milan.

Memilih Tukang Profesional

Pentingnya memakai tukang yang sudah berprofesional adalah untuk menentukan bagaimana ketahanan kontruksi banguna rumah kita. Ada banyak sekali di luaran sana yang menyediakan tukang borongan namun hanya mementingkan kerjaan selesai saja, tanpa memikirkan kualitasnya.

Langkah pertama Anda bisa mencari referensi dari rekan atau saudara terdekat Anda yang sebelumnya sudah membangun rumah duluan. Ya minimal Anda sudah memegang nama jasa tukang harian atau borongan lebih dari 4 dan kemudian Anda sortir untuk mendapatkan yang terbaik.

Sedikit masukan saja, kalau Anda memutuskan tukang borongan, alangkah baiknya lebih memfokuskan kontruksi bangunan yang kuat jangan terpatok sama target berapa hari kerjanya.

Oke sampai disini dulu ya, kita akan sambung lagi di lain artikel untuk pembahasan lebih mendetail mengenai apapun kebutuhan kita sehari hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *